Hari Rabu yang Menyenangkan

Rabu pagi kemarin (21/9) aku kembali bisa menemani gurunda mengisi kajian. Untuk kali ini aku yang minta untuk ikut, karena sudah lama tidak mengantarkan beliau pergi ke kajian. Bakda subuh tepat aku dan gurunda berangkat ke PESMA (Pesantren Mahasiswa) AL-HIKAM Depok naik motor.

Sampai di sana sekitar jam enam pagi kurang. Gurunda adalah salah satu pengajar tetap di sana. Beliau sudah mengisi di sana sejak Abah Hasyim Muzadi masih hidup, sekitar tahun 2016/2017. Beliau mengajarkan kitab Adabul 'Alim wa Muta'alim karangan Hadratusyeikh KH. Hasyim Asy'ari. Sungguh suatu keistimewaan pagi itu, bisa bertemu langsung dengan dua Hasyim, ulama Indonesia uang sangat berpengaruh dan disegani.

Setelah pengajian selesai, gurunda melanjutkan wiridnya dan aku melakukan ziarah kubur di depan makam Abah Hasyim. Aku mulai dengan membaca Yasin dan dilanjutkan dengan membaca tahlil. Tidak lupa juga aku mendoakan untuk para leluhurku, Datuk dan Nyai yang telah terlebih dahulu meninggalkanku. Semoga kelak aku bisa berjumpa denga mereka di surga-Nya. Amin.

Setelah ziarah kubur aku izin untuk sarapan. Gurunda tidak ikut sarapan, karena beliau sedang mendawamkan puasa daudnya. Keistiqomahan beliau dalam mengamalkan ilmu yang membuatku semakin takzim kepada gurunda. Padahal umurnya relatif masih muda, tetapi ilmu dan amal yang beliau lakukan sungguh luar biasa. Aku sangat bersyukur Allah pertemukan dan bisa berguru kepadanya.

Selain itu, keistiqomahan beliau dalam mengajar juga membuatku kagum. Begitu banyak jadwal beliau untuk mengisi kajian setiap harinya yang kadang membuatku capek. Tapi tidak begitu dengan beliau, apapun kondisinya tetap diusahakan agar kajian tetap berjalan seperti biasanya. Bahkan pernah ketika itu beliau sakit, tetapi tetap memaksakan untuk mengisi kajian walaupun hanya setengah. Alasan beliau, semoga dengan wasilah mengajar itu Allah sembuhkan dan juga mengamalkan kaidah yang berbunyi jika tidak bisa semuanya, maka jangan tinggalkan semuanya.

Aku hanya berharap semoga beliau diberikan kesehatan dan umur yang panjang, agar lebih banyak lagi manfaat ilmu yang bisa dirasakan oleh banyak orang. Barakallahu fiikum ya ustadziii 🤲

Komentar

Postingan Populer