Filologi Itu Makhluk Jenis Apa?

Benar-benar suatu kenikmatan yang luar biasa besar yang telah Allah berikan kepadaku bisa berguru langsung kepada Prof. Dr. Oman Fathurahman, Pakar Filologi dan Pernaskahan Nusantara. Siang itu, aku dan zufar mengikuti perkuliahan perdana mata kuliah filologi yang beliau ampuh.

Alhamdulillah sekarang aku sedang menjalankan studi S2 di Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan mengambil konsentrasi Filologi. Bagi yang belum tahu filologi, ilmu filologi secara sederhananya adalah ilmu tentang membaca manuskrip-manuskrip kuno. Para leluhur kita dahulu, banyak meninggalkan warisan berupa tulisan-tulisan yang harus kita gali sendiri bagaikan harta karun.

Minatku kepada kajian filologi ini muncul setelah aku mengetahui banyak sekali karya-karya ulama Nusantara khususnya ulama Jambi. Karena aku asli Jambi, maka aku ingin coba mengenalkan kembali karya-karya ulama Jambi agar bisa dinikmati ilmunya sampai saat ini.

Dulu sebelum mendaftar S2, aku meminta pandangan dan nasehat kepada Ust. Adian Husaini dan juga Ust. Ardiansyah. Mereka menyarankan aku untuk kuliah di UIN Jakarta karena di sana ada guru yang otoritatif untuk mengajarkan filologi yaitu Prof. Dr. Oman Fathurahman itu sendiri.

Alhamdulillah Senin kemarin, 12 September 2022 aku memulai kelas perdana bersama beliau. Di kelas tersebut hanya ada dua siswa yang mengambil konsentrasi Filologi, aku dan temanku Zufardien. Benar-benar sudah berasa seperti kursus private.

Sebenarnya ada perasaan senang dan juga takut dalam diriku mengikuti kelas ini. Senang karena akhirnya aku bisa berguru langsung dengan pakar filologi Indonesia. Takut karena mahasiswa di kelas ini hanya berdua, jadi antara guru dan murid pastinya sangat intens, nah aku takut jika aku tidak bisa maksimal dalam mengikuti kelas ini dan mengecewakan beliau. Tapi aku yakin alasan kedua ini hanyalah ketakutan-ketakutanku yang tak berdasar saja.

Akhirnya, aku memohon kepada Allah semoga satu semester kedepan bisa dapat banyak ilmu dari kelas ini dan juga aku memohon doa dan ridhonya kepada para pembaca yang membaca tulisan ini sampe habis semoga aku bisa menyelesaikan kuliah S2 dengan baik dan tepat pada waktunya. Aku doakan juga semoga Allah mudahkan urusan kalian semua dan Allah kabulkan segala hajat.

Caringin, 17 September 2022

Komentar

Postingan Populer