Milad

Tepat hari ini sudah 77 tahun Indonesia merdeka. Itu tandanya bangsa kita sudah 77 kali merayakan ulang tahunnya. Ini adalah suatu nikmat yang harus kita syukuri. Karena berkat perjuangan para pejuang dan pendiri bangsa, kita bisa menghirup udara segar kemerdekaan.

Akan tetapi sangat disayangkan. Di momen ulang tahunnya ini, banyak sekali narasi yang seolah-olah menggiring opini bahwa bangsa kita belum merdeka. Menurut saya ini adalah sikap yang tidak beradab kepada para pejuang dan orang tua kita terdahulu. Mereka sudah korbankan segala yang mereka miliki untuk kita. Sampai kita bisa merdeka dan para penjajah angkat kaki dari bangsa kita Indonesia

Bangsa kita sudah merdeka. Adapun jika masih banyak kekurangan dari faktor pendidikan, politik, ekonomi dll, itu adalah tugas kita bersama untuk mengisi perjuangan. Tugas para pendahulu sudah selesai. Sekali lagi kita sudah merdeka.

Bahkan menurut guru kami, hari kemerdekaan ini adalah hari haulnya para pejuang dan mujahid bangsa Indonesia. Banyak para ulama dan Umara yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia, mengusir para penjajah dari bumi Indonesia. Bukan main-main keberanian dan perjuangan mereka dalam mengusir penjajah. Dibuktikan dari bagaimana bisa para pejuang menahan dan mengusir para penjajah yang mana mereka adalah negara sekutu pemenang perang dunia. Padahal saat itu perlengkapan senjata para pejuang kita masih lah sangat sedikit sekali.

Lalu masihkah kita akan mengatakan bahwa bangsa Indonesia belum merdeka? Jika para pejuang mendengar ini, pasti mereka akan tersinggung, karena kita tidak bisa menghargai bagiamana perjuangan hebat mereka dalam memperjuangkan bangsa ini, antara hidup dan mati. Maka tidak salah juga jika hari kemerdekaan ini adalah haulnya para pejuang Indonesia yang terus kita peringati.

Hari kemerdekaan juga merupakan hari ulang tahun Indonesia. Hari ulang tahun juga biasa dikenal dalam istilah Islam dengan milad. Milad biasanya dirayakan setiap setahun sekali dan disyukuri karena masih diberikan umur untuk hidup di dunia ini.

Tidak begitu di keluarga saya. Keluarga saya tidak mengenal apa itu pererayaan ulang tahun atau milad. Bagi keluarga saya semua hari adalah milad karena kita masih bisa terus diberikan hidup di dunia ini. Bahkan seingat saya, sejak kecil saya tidak pernah merayakan perayaan ulang tahun. Mungkin memang orang tua saya mengajarkan untuk selalu bersyukur di setiap hari yang Allah berikan, karena semua hari adalah milad menurut keluarga saya. Maka dari itu, saya sangat tidak terbiasa jika ada seseorang yang memberikan hadiah ulang tahun di hari milad saya. Harap dimaklum. Tidak tau mau kemana arah tulisan ini. Intinya adalah selamat milad dan ulang tahun Indonesiaku!

Cilodong, 17 Agustus 2022

Komentar

Postingan Populer