Lomba

Tepat malam ini malam Minggu, Pondok Pesantren At-Taqwa Depok mengadakan penutupan acara 17 Agustus-an yang diselenggarakan sejak dari hari Rabu kamren. Banyak lomba yang diadakan oleh panitia. Ada kategori lomba olahraga, olah otak, olah jiwa, olah rasa dan olah-olahan lainnya hehe.

Bicara tentang lomba, saya termasuk orang yang jarang ikut lomba. Apalagi ketika sudah dewasa ini, sudah sangat jarang sekali. Ada beberapa lomba dulu ketika kecil yang pernah saya ikuti. Seperti dulu saya pernah lomba balap sepeda cross.

Dulu saya dibelikan sepeda oleh ayah. Saat itu sepada saya termasuk sepeda bagus, sudah pake gigi. Tapi akhirnya giginya saya lepas dan saya ganti dengan gir biasa biar lebih ngebut katanya. 

Lomba balap sepeda cross waktu itu diadakan oleh bapaknya okta di lapangan atas kuburan. Banyak yang ikut ketika itu. Termasuk saya, karena saya waktu itu memang senang sekali main sepeda. Karena waktu saya kecil masih jarang sekali anak-anak main game HP. Mentok-mentok ya main PS. 

Singkat cerita saya ikut lomba itu. Saya lupa sudah izin ke ayah ibu atau belum. Tapi rasa-rasanya saya belum izin. Mungkin karena itu sebabnya saya jatuh ketika perlombaan itu. Padahal waktu lomba posisi saya sudah juara dua. Tapi karena ban depan saya nabrak sama ban sepeda juara satu, akhirnya saya jatuh dan tidak bisa melanjutkan lomba. Seingat saya yang berada di posisi satu itu Rizky namanya.

Akhirnya saya dibantu warga untuk menepi. Alhamdulillah saya tidak luka-luka dan kalaupun luka, lukanya tidak terlalu serius. Ada penyesalan yang saya rasakan, padahal seharusnya jika saya tidak nabrak ban sepeda lawan, ada kemungkinan saya bisa juara lomba itu.

Seingat saya tidak ada komentar apa-apa dari ayah ibu waktu itu, karena mereka juga memang lagi sibuk-sibuknya di pasar. Tapi yang saya syukuri ayah dan ibu tidak pernah melarang anaknya untuk ikut perlombaan. 

Saya tidak tahu mengapa lomba balap sepeda itu masih terus teringat di ingatan saya, padahal ketika itu saya tidak juara. Mungkin karena fenomena jatuh itu yang membuat lomba itu jadi berkesan.

Lomba lain yang pernah saya ikuti juga ketika kecil adalah lomba baca Qur'an. Saat itu saya sudah ngaji sama pak Asfari. Waktu itu ada seleksi untuk mewakili unit satu. Saya ingat saya disuruh baca oleh mang Kodir awal juz 3. Singkat cerita Alhamdulillah saya lolos dan ikut lomba MTQ ke unit 11, unit 17 atau unit berapa tepatnya saya lupa.

Peserta lomba yang mewakili unit satu yang saya ingat ketika itu ada Andre, Gilang, Panji jangkung dan ada anak-anak lainnya, saya juga lupa siapa-siapa aja yang ikut waktu itu selain nama-nama yang sudah disebutin di atas. Banyak kejadian konyol yang saya lakukan ketika lomba itu, apalagi tingkah konyol si Panji. Kami juga pernah dikejar anjing rame-rame hahaha.

Waktu lomba itu ayah ibu jenguk. Karena kami memang menginap beberapa hari di sana. Saya sangat senang ketika itu, apalagi dapat uang saku juga dari bapak mandiri dan kalo nggak salah dapat juga dari kades suka makmur saat itu, Bapak Lubis, bapaknya Udin temen kecil saya.

Lagi-lagi saya nggak dapat juara juga pada saat itu, memang ketika itu niatnya bukan pengen juara juga, cuma pengen jalan-jalan aja dan biar sekolahnya libur. Walaupun ngga juara, tapi kelihatannya ayah ibu pada saat itu bangga pada saya. Ini menurut pandangan sekilas saja sihhh, ngga tau yang sesungguhnya mereka beneran bangga apa enggak, butuh ditanyain lagi ntar hehehe.

Pernah juga saya ikut lomba voli ke unit 6. Ketika itu ayah jenguk pake mobil Hilux. Kayaknya ayah habis dari Jambi. Walaupun capek, ayah masih sempatin buat liatin anaknya lomba. Pokoknya saya seneng banget ayah ibu selalu support walaupun anaknya ini jarang dapat juara ketika lomba. Terimakasih ayah ibu. 🙏

Cilodong 20 Agustus 2022

Komentar

Postingan Populer